Punya Gayanya Sendiri, Berikut 5 Istilah Taktik Paling Populer Di dalam Sepakbola

Dalam satu sisi jika kena serangan balik maka Martial tinggal berhadapan dengan CB. Tujuan dari taktik di sini. adalah eksploitasi ruang yang ditinggalkan fullback (Ben Revealed di kiri, Trippier dalam kanan) dengan kecepatan Rashford & Martial saat Spurs menyerang lewat serangan balik. Sementara untuk kompensasi ruang yang ditinggalkan Trippier, Spurs menggunakan Sissoko di kanan.

Sampai sekarang pun dari sedikit tim yang menggunakan skema tiga bek, tena menjadi yang paling mendominasi. Formasi ini juga pasti masih bisa bersaing dalam era football modern, seperti pada contoh Juventus dan Belanda tadinya. Tapi permasalahannya, mereka belum sampai menjadi yang terbaik dengan menjadi juara. Kelihatannya tiga bek akan menjadi mainstream lagi jika dalam waktu itu mereka bisa menjadi juara, namun sesuatu itu nyatanya memang kaga bisa terwujud.

Peran dua pemain terkait dalam variasinya nanti dapat saja menjadi sangat rumit, serupa kompleksitas peran gelandang bertahan dalam skema empat bek. Tapi posisi dua gelandang serang dalam yg relatif lebih di depan, membuat kompleksitas tersebut gak akan sampai menimbulkan kerusakan fatal terhadap pertahanan, andai sewaktu-waktu mereka membuat kesalahan. Efektifitas peran gelandang bertahan cukup beragam dalam fase ini, karena sangat bergantung kepada kepandaiannya membaca games, kecepatannya bergerak, sekaligus skillnya untuk menghadang lawan.

Sebenarnya gelandang bertahan bukan solusi nyata di pendekatan di sini., karena pemain secerdas Sergio Busquets saja masih sering gagal melaksanakan tugas. Malahan intimidasi dengan melempar jauh banyak pemain ke depan sejak awal yang berperan lebih besar dalam MENCEGAH serangan balik berbahaya agar tidak terjadi. Proteksi atas serangan balik akan dikasih oleh gelandang bertahan yang harus siap menutup gaya kedua fullback, tergantung pada flank mana serangan balik datang.

Bisa kita lihat disini jika ada satu lagi tugas untuk gelandang bertahan, padahal di secuencia sebelumnya dia juga harus menginisiasi build up serangan dengan turun untuk memperlebar area sirkulasi bola. Yang juga perlu diperhatikan ialah posisi dua pemain di sisi luar yang berada di halfspace (area masa flank dan tengah).

Sedangkan football bertahan memang memperkecil peluang mereka untuk kalah, hal ini karena mereka benar-benar mencoba melangsungkan disiplin di belakang, tetapi membuat peluang mereka buat menang pun menjadi jauh kecil. Di kompetisi penuh, hanya terus-menerus meraih keuntungan imbang tak akan membikin mereka juara, bahkan bisa saja membuat mereka terpuruk di bawah klasemen. Tapi, pemain Atletico tetap mempertahankan intensitas pressing meskipun mereka menurunkan tempo permainan dan garis pertahanan sekalipun. Skema ini membutuhkan keandalan fisik serta kekompakan tim mempertahankan ruang demi menjamin kerapatan antar lini.

Di depan, Lindgard & Pogba diberi kebebasan utk melakukan roam ketika bola sudah log in 1/3 lapangan akhir. Ketika membangun serangan, Pogba diberi tugas untuk eskploitasi halfspace. Pochettino tidak selalu menutup celah yang ditinggalkan 2 FB ini saat maju depan.

2 pemain ini adalah kunci untuk mendapatkan area sirkulasi bola yang lebih besar. Dengan kita mempunyai dua pemain yang berada dalam half space, sekarang anda memiliki akses umpan kepada ataupun dari fullback melalui jarak yang tidak terlalu jauh, sehingga kita dapat memastikan akurasinya akan cukup prima. Bentuk tiga pemain di belakang seperti terkait sangat ideal untuk membantu area tengah dalam mengalirkan bola. Jarak ketiganya pada takaran cukup dekat untuk menjaga umpan agar masih akurat. Tapi di sisi lain, jarak ketiga pemain ini justru akan membuat lawan kesulitan untuk melancarkan pressing, kecuali jika pressing dilakukan sekaligus dengan menggunakan tiga pemain, yang sudah tentu akan sangat tidak efisien.

Setidaknya di bagian pertama, Sissoko juga kerap membantu Trippier untuk menyerang lewat sayap kanan. Martial yang tidak melakukan trackback dimanfaatkan untuk menciptakan hal 2 vs 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *